EXCEL Esport dan Giants Mengambil Langkah Sukses

Spread the love

Perpaduan EXCEL Esport dan Giants

beritae-sports – EXCEL Esport dan Giants Gaming adalah nama-nama yang sudah mapan di dunia esports. Namun, keduanya menginginkan lebih banyak kesuksesan kompetitif dan global. EXCEL, yang baru saja melakukan rebranding di bawah kepemimpinan Tim Reichert, berjuang untuk mendapatkan hasil yang konsisten di LEC League of Legends. Sementara itu, Giants, meskipun sangat populer di Spanyol, menginginkan pijakan yang lebih kuat di kancah Eropa dan VCT VALORANT, liga mitra Riot Games. Merger antara kedua organisasi ini melahirkan entitas baru bernama GIANTX, sebuah langkah strategis yang menggabungkan kekuatan dan ambisi keduanya.

Bagaimana Merger Ini Terjadi

Bergabung dengan Esports Insider dalam perjalanan ini adalah Jose Diaz dan Tim Reichert, Co-CEO dari GIANTX dan mantan CEO dari Giants Gaming dan EXCEL. Setelah lebih dari setengah tahun konsolidasi, Reichert mengungkapkan bahwa hasilnya “lebih baik dari yang diharapkan,” meskipun tantangan tetap ada.

“Jose dan saya, kami bukan orang muda lagi dan kami tahu bagaimana biasanya merger bekerja, dan bahwa mereka sebagian besar merupakan pengalaman yang mengerikan,” kata Reichert. Namun, dengan pendekatan yang tepat dan sinergi yang baik, merger ini berjalan lebih lancar dari yang dibayangkan.

Alasan di Balik Merger

Giants awalnya mencari investasi untuk mungkin memperluas ke LEC. Dalam percakapan yang terjadi sekitar Februari atau Maret 2023, ide merger mulai terbentuk. “Tim berkata kepada saya bahwa mereka memiliki LEC, kami memiliki VCT, dan itu adalah sesuatu yang mereka cari dengan strategi mereka. Itu juga sesuai dengan strategi kami,” jelas Diaz. Setelah banyak diskusi, pada akhir 2023, kesepakatan pun tercapai.

Reichert menambahkan bahwa garis waktu merger lebih pendek dari yang diperkirakan banyak orang, karena “banyak kesesuaian yang baik” antara kedua perusahaan. Tidak ada kelompok konsultan yang dilibatkan, semuanya berjalan secara organik, membuat kedua belah pihak merasa “sangat bahagia.”

Baca Juga : Esports Awards membincangkan (EWC) disokong Arab Saudi

Strategi Pasca-Merger

Sekarang, GIANTX berusaha untuk mengglobalisasi mereknya dan dikenal sebagai satu perusahaan di beberapa pasar. Diaz menjelaskan bahwa sebelum merger, basis penggemar Giants Gaming sebagian besar berada di Spanyol dan penggemar EXCEL berada di Inggris. Di bawah GIANTX, tujuannya adalah untuk menghubungkan dan memperluas komunitas-komunitas ini agar merek baru tidak terlalu terfokus pada wilayah tertentu. “Kami berupaya keras agar penggemar tetap merasa terhubung dengan merek meskipun dengan identitas baru,” tambah Diaz.

Struktur Organisasi dan Ekspansi

Struktur perusahaan GIANTX tidak berubah secara signifikan, namun jumlah kantor dan staf di berbagai negara meningkat. GIANTX memiliki dua kantor utama di Malaga, Spanyol, dan London, serta Pusat Kinerja di Berlin, Jerman. Tim penjualan dan pemasaran tersebar di Spanyol dan Inggris, dengan sejumlah pekerja jarak jauh di berbagai negara.

Kemitraan komersial GIANTX, seperti dengan KitKat dan Hot Wheels, fokus di Spanyol karena perpanjangan kesepakatan Giants Gaming sebelumnya. Namun, mantan mitra EXCEL seperti HSBC UK juga memperbarui kesepakatannya dengan GIANTX.

Tantangan dan Tujuan Masa Depan EXCEL Esport dan Giants

Di masa depan, GIANTX bertujuan untuk menjelajahi sumber pendapatan lain di luar kemitraan wilayah untuk membawa stabilitas. Diaz menekankan bahwa proyek-proyek sedang berjalan untuk membuat organisasi lebih skalabel dan berkelanjutan dalam waktu dekat. Reichert menambahkan pentingnya visibilitas global dalam kemitraan komersial. “Tim esports biasanya selalu menawarkan visibilitas global meskipun memiliki audiens spesifik.”

Menghadapi ‘musim dingin esports’, GIANTX juga mengalami beberapa PHK karena adanya tumpang tindih peran, tetapi PHK yang lebih signifikan tidak terjadi pada 2024. GIANTX sekarang memiliki sekitar 55 karyawan, tidak termasuk pemain.

Pandangan Industri dan Esports

Mengomentari tren merger di industri esports, Diaz mengatakan bahwa industri ini “baru bayi” dan perlu kesabaran. “Saya sudah berada di sini selama 15 tahun dan melihat banyak tim dibuka dan ditutup. Merger adalah sesuatu yang normal dan logis, tantangannya hanya menemukan mitra yang tepat.”

Reichert menambahkan bahwa industri esports sebenarnya berada di tempat yang baik sekarang, meskipun pertumbuhan yang lebih lambat dari yang diharapkan. Tantangan utama tetap pada kinerja kompetitif dan relevansi dalam ekosistem yang ramai. GIANTX perlu kuat dalam kompetisi yang diikutinya, yaitu LEC dan VCT.

Fokus dan Harapan untuk EXCEL Esport dan Giants 2024

Bagi GIANTX, tujuan utama adalah terus berkonsolidasi, merampingkan operasi, dan beradaptasi dengan struktur baru. Fokus untuk 2024 adalah pada konten, kemitraan, dan hasil kompetitif. Reichert menyimpulkan, “Tantangan terbesar adalah sukses secara kompetitif, dan itu tidak berubah. Anda perlu memegang trofi untuk memenuhi syarat untuk acara global.”

Dengan ambisi besar dan strategi yang matang, GIANTX berusaha mengukuhkan posisinya sebagai raksasa baru di dunia esports.

Sumber : Esport Insider

Related Posts

Aurora Gaming MPL Filipina Mobile Legends Bang Bang (MLBB)

Spread the love

Spread the loveberitae-sports –  Aurora Gaming MPL Filipina Mobile Legends Bang Bang (MLBB) Aurora Gaming, sebuah organisasi esport Serbia yang telah membuat gebrakan. Dengan memasuki dunia Mobile Legends: Bang Bang…

Red Bull Gaming ( LOL )League of Legend Tournament

Spread the love

Red Bull Gaming ( LOL )League of Legend Tournament

You Missed

Aurora Gaming MPL Filipina Mobile Legends Bang Bang (MLBB)

Aurora Gaming MPL Filipina Mobile Legends Bang Bang (MLBB)

Red Bull Gaming ( LOL )League of Legend Tournament

Red Bull Gaming ( LOL )League of Legend Tournament

Mobile Legends Bang Bang Mid Season Cup 2024

Mobile Legends Bang Bang Mid Season Cup 2024

Esports World Cup Mengambil Langkah Revolusioner

Esports World Cup Mengambil Langkah Revolusioner

Piala Dunia Esports 2024 Lengkap Permainan, Format, dan Jadwal

Piala Dunia Esports 2024 Lengkap Permainan, Format, dan Jadwal

GameSquare mengamankan Pembayaran senilai $20 juta

GameSquare mengamankan Pembayaran senilai $20 juta