Ekosistem Esports Wanita yang Paling Populer di Dunia

Spread the love

beritae-sports – Ekosistem Esports Wanita yang Paling Populer di Dunia

Esports wanita mengalami lonjakan popularitas yang signifikan dengan banyak pihak yang berinvestasi. Dalam berbagai inisiatif untuk meningkatkan partisipasi wanita dalam dunia esports.

Tahun 2023 menjadi tahun yang monumental bagi esports wanita, dengan total waktu menonton siaran. Esports wanita mencapai 28 juta jam, menurut platform data esports Esports Charts. Puncak pemirsaan untuk esports wanita juga melonjak lebih dari 198%, dari 392,400 (2022) menjadi 1.37 juta pemirsa puncak (2023).

Gen.G, Luminosity, Dignitas, dan G2 Esports dikenal aktif merekrut roster wanita di berbagai judul kompetitif. Dengan G2 Esports bahkan meraih dua gelar juara VCT Game Changers Stage pada tahun 2024. Di sisi lain, organisasi berbasis di Inggris, Guild Esports, juga turut mengemban peran penting dengan serangkaian turnamen esports wanita.

Dalam tulisan ini, Esports Insider mengupas beberapa ekosistem esports wanita paling populer di seluruh dunia.

VALORANT: Salah satu ekosistem esports wanita terkuat dan paling populer di daftar ini. Juga berkat jumlah penontonnya yang besar dan hadiah-hadiah besar yang ditawarkan. Sejak peluncurannya pada tahun 2020, VALORANT segera menjadi fokus Riot Games untuk menciptakan lingkungan esports yang lebih inklusif. Dengan inisiatif VCT Game Changers, Riot Games memperkuat komitmennya dalam mengadakan acara-acara inklusif. Dimana yang dipimpin oleh wanita dalam ekosistem VALORANT pada tahun 2021, hanya setahun setelah versi beta game ini diluncurkan.

Turnamen Game Changers World Championship pada tahun 2022 dan 2023 berhasil menarik 239,334 dan 293,993 pemirsa, masing-masing. Ini menempatkan VALORANT sebagai ekosistem esports wanita paling populer di platform PC. Dengan hanya Mobile Legends: Bang Bang yang mencapai angka penonton yang lebih tinggi.

Baca Juga : Apek Legends Global Series Split 2 Playoffs 2024

Ekosistem Esports Wanita yang Paling Populer di Dunia

Mobile Legends: Bang Bang: Sebagai judul MOBA mobile yang sangat populer di Asia Tenggara. Mobile Legends: Bang Bang tidak hanya dikenal karena basis penggemarnya yang besar. Tetapi juga sebagai salah satu scene kompetitif esports wanita terbesar hingga saat ini. Moonton, pengembang game ini yang merupakan anak perusahaan dari ByteDance. Telah menjadi penggerak utama di balik penyelenggaraan turnamen esports di ekosistem ini. Turnamen wanita MLBB pada SEA Games ke-32 tahun 2023 bahkan menjadi acara esports wanita yang paling banyak ditonton sepanjang masa. Dengan puncak pemirsaan mencapai 1.37 juta pemirsa.

Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO): CS:GO telah menciptakan struktur solid untuk pemain wanita melalui berbagai sirkuit turnamen. Seperti ESL Impact dan Kejuaraan Dunia Esports Wanita IESF. Menurut Esports Charts, CS:GO menyumbang 23.4% dari total hadiah yang dialokasikan untuk esports wanita pada tahun 2023. Dengan turnamen seperti ESL Impact Season 5 dan 6 serta Kejuaraan Dunia Esports Wanita. IESF 2024 menawarkan hadiah-hadiah besar bagi para atlet wanita ini.

Ekosistem Esports Wanita yang Paling Populer di Dunia

Fortnite: Sebagai salah satu judul esports battle royale terkemuka di dunia Barat, Fortnite terus mengembangkan scene esports wanita. Bersama dengan aktivasi dalam game, stakeholder esports seperti Gen.G, eFuse, dan Raidiant. Komunitas ini telah meluncurkan berbagai proyek untuk memperluas ekosistem esports wanita Fortnite. Pada tahun 2024, turnamen seperti The Milk Cup dengan hadiah total $250,000. Acara ini telah menandai komitmen terbesar dalam sejarah esports wanita Fortnite.

Rocket League: Psyonix, pengembang Rocket League, dan organisasi seperti BLAST bekerja sama untuk memajukan ekosistem Rocket League wanita. Pada tahun 2023, acara dalam game merayakan Bulan Sejarah Wanita. Selain itu juga mendukung turnamen seperti Women In Rocket League (WIRL) serta Ally Women’s Open. Kemudian menunjukkan komitmen mereka dalam meningkatkan partisipasi wanita dalam esports Rocket League.

Dari VALORANT hingga Mobile Legends: Bang Bang, dan dari CS:GO hingga Fortnite dan Rocket League. Disini kami memberikan gambaran yang jelas dan komprehensif tentang perkembangan dan popularitas esports wanita di berbagai ekosistem di seluruh dunia. Dengan terus bertambahnya minat dan investasi dalam esports wanita. Kedepannya terlihat semakin cerah dan menjanjikan bagi para atlet dan penggemar esports wanita di masa mendatang.

Sumber : Esport Insider

Related Posts

Team Liquid VCT Game Changers Bersama Visa

Spread the love

Spread the loveberitae-sports –  Team Liquid VCT Game Changers Bersama Visa Dalam dunia esports yang terus berkembang, kemitraan antara organisasi esports terkemuka dan merek besar. Tidak hanya menjadi langkah strategis untuk…

Manchester City Fortnite Creative The Ladder

Spread the love

Spread the loveberitae-sports –  Manchester City Fortnite Creative The Ladder Manchester City, salah satu klub sepakbola terkemuka di Inggris. Telah melangkah maju dalam dunia hiburan digital dengan meluncurkan peta tematik di Fortnite Creative.…

You Missed

Team Liquid VCT Game Changers Bersama Visa

Team Liquid VCT Game Changers Bersama Visa

Manchester City Fortnite Creative The Ladder

Manchester City Fortnite Creative The Ladder

Esports Leaders di ESI Lisbon 2024

Esports Leaders di ESI Lisbon 2024

Alpine Esports rebranding, bermitra dengan G2 Esports

Alpine Esports rebranding, bermitra dengan G2 Esports

Aurora Gaming MPL Filipina Mobile Legends Bang Bang (MLBB)

Aurora Gaming MPL Filipina Mobile Legends Bang Bang (MLBB)

Red Bull Gaming ( LOL )League of Legend Tournament

Red Bull Gaming ( LOL )League of Legend Tournament