Kategori Esport – Penjelasan Seputar Genre Esport

Spread the love
Penjelasan Kategori Esport Secara Rinci

Dalam Era Digital seperti sekarang tentunya Esport bukanlah hal baru bagi semua orang di seluruh belahan dunia. Namun dalam pembahasan kali ini Tim Garuda Force akan menjelaskan semua perincian mengenai kategori Esport yang diadakan di seluruh dunia.

Meskipun esports merupakan fenomena budaya yang relatif baru, permainan kompetitif telah ada sejak tahun 1970-an. Kompetisi esports pertama diadakan pada tahun 1972 dan permainan kompetitif telah berkembang pesat sejak saat itu, dengan berbagai kategori permainan menciptakan ekosistem esports yang unik.

Industri esports menyaksikan periode booming besar-besaran pada pertengahan 2000-an karena kemajuan teknologi. Tiongkok dan Korea Selatan, di mana budaya permainan kompetitif sangat kuat, merangkul esports dengan mengakui secara resmi industri ini ketika pemandangan masih berkembang.

Mendukung lonjakan popularitas esports, platform video dan streaming seperti Twitch dan YouTube telah memungkinkan penggemar esports di seluruh dunia untuk menonton tim favorit mereka berkompetisi, tanpa dipungut biaya, yang pada akhirnya memperluas berbagai adegan esports.

Meskipun esports sering disebut sebagai entitas tunggal, industri ini kompleks dan terfragmentasi. Ada berbagai kategori permainan dalam esports, dengan setiap genre memerlukan seperangkat keterampilan yang berbeda. Artikel ini dari Berita-Esport akan menjelaskan semua Kategori Esport populer.

FGC (Fighting Game Community)
Permainan pertarungan adalah salah satu genre tertua dalam dunia esports. Namun, berbeda dengan judul esports kompetitif lainnya seperti FPS atau MOBA, permainan pertarungan mendorong penggunaan pengontrol, seperti pada konsol, daripada keyboard dan mouse.

Sering disebut sebagai genre Fighting Game Community (FGC), acara kompetitif biasanya mendorong penggunaan joystick untuk mengendalikan karakter mereka selama pertandingan karena memerlukan pemain untuk secara berulang-ulang menekan serangkaian tombol untuk mencetak serangan ganda. Penggunaan mouse dan keyboard tidak disarankan saat memainkan permainan pertarungan, karena genre FGC lebih menonjol pada konsol daripada di PC.

Banyak turnamen FGC diadakan dalam format eliminasi ganda, memberi pemain kesempatan untuk beradaptasi dan menebus diri setelah kekalahan pertama dalam pertandingan dua babak.

Tekken, Street Fighter, Super Smash Bros, dan Mortal Kombat adalah judul populer dalam genre FGC. Baru-baru ini, judul PvP baru seperti Multiversus telah naik popularitasnya dalam adegan FGC.

RTS (Strategi Real-time)
RTS, atau Strategi Real-time, adalah subgenre dari genre strategi di mana pemain harus membuat keputusan strategis secara real-time, secara bersamaan dengan pemain lain, alih-alih opsi berbasis giliran.

Genre RTS terutama melibatkan pemain bertanggung jawab atas area di dalam permainan. Permainan semacam ini biasanya melihat pemain membuat pilihan strategis dan keputusan yang koheren tentang membangun dunia, populasi, dan mengendalikan kesulitan.

Age of Empires IV, Starcraft II, dan Sid Meir’s Civilization adalah beberapa judul RTS yang telah mempertahankan popularitas konsisten dari waktu ke waktu dan dianggap sebagai judul RTS klasik di antara penggemar strategi. Franchise Starcraft, khususnya, sering disebut sebagai salah satu judul esports modern yang orisinal, tidak sedikit karena popularitasnya di Korea Selatan.

Seiring berjalannya waktu, beberapa permainan juga menggabungkan elemen pertahanan menara ke dalam genre Strategi Real-time (RTS). Clash Royale dan Clash of Clans adalah beberapa contoh judul RTS populer di perangkat mobile. Sementara itu, waralaba Warcraft awalnya dikembangkan sebagai RTS sebelum berkembang menjadi seri yang sangat sukses yang melahirkan MMORPG dan judul berbasis kartu.

MOBA (Multiplayer Online Battle Arena)
Multiplayer Online Battle Arena, atau MOBA singkatnya, adalah versi yang lebih intens dan lebih panjang dari permainan RTS. Alih-alih pertandingan 1v1 seperti dalam permainan Strategi Real-time, pemain memilih seorang juara dari daftar karakter yang luas dan bekerja sama dengan rekan setim mereka untuk mengalahkan tim lawan di sebuah arena.

Dalam banyak judul MOBA, biasanya ada struktur di sisi lain arena yang harus dihancurkan oleh tim untuk memenangkan pertandingan. League of Legends, SMITE, dan Dota 2 adalah beberapa contoh permainan MOBA yang telah menjadi judul esports terkenal dengan turnamen dan hadiah besar.

Di sisi lain, Mobile Legends Bang Bang! dan Arena of Valor (juga dikenal sebagai Honor of Kings) telah membuat pasar esports MOBA di ponsel berkembang pesat. MOBA ini dibuat khusus untuk dimainkan di perangkat genggam, bukan di PC. Menurut Esports Charts, empat dari lima acara esports paling populer yang pernah direkam adalah turnamen yang dimainkan di game MOBA (dua dari League of Legends dan dua dari Mobile Legends Bang Bang).

FPS (First Person Shooter)
Permainan First Person Shooter, atau FPS, pada dasarnya adalah judul aksi di mana pemain harus mengalahkan lawan menggunakan berbagai senjata dan persenjataan dalam permainan.

Genre FPS mungkin memiliki variasi terbanyak dalam hal mode permainan kompetitif. Bomb Defuse, di mana Tim A harus meletakkan bom dan mengeliminasi lawan Tim B, adalah mode permainan paling populer yang dilihat dalam adegan esports. Namun, mode permainan lain seperti Team Deathmatch, Free for All, dan Capture the Flag juga populer dan digunakan di berbagai judul esports FPS.

Call of Duty, VALORANT, dan seri Counter-Strike adalah beberapa franchise esports yang telah muncul sebagai judul FPS esports yang sangat sukses dan populer. Esports FPS juga telah melahirkan peluncuran beberapa organisasi esports terbesar di Amerika Utara seperti FaZe Clan, Complexity, dan OpTic Gaming.

Battle Royale
Battle Royale adalah subgenre yang sangat populer dari genre FPS atau TPS (Third-person Shooter). Bahkan begitu, permainan Battle Royale telah menjadi komponen utama dari ekosistem esports. Battle Royale melempar pemain ke dalam arena besar atau peta dengan sejumlah besar lawan. Tujuan utamanya adalah untuk mengeliminasi semua pemain lain.

Battle Royale dapat dimainkan secara solo, dengan tim dua orang (duo), atau tim empat orang yang disebut ‘skuad’. Akibatnya, dalam beberapa turnamen kompetitif, tujuannya adalah untuk mengeliminasi semua tim lainnya dalam peta Battle Royale yang besar.

Kategori Esport Battle Royale adalah fenomena esports yang terbaru, dengan judul seperti PUBG dan Fortnite baru muncul pada tahun 2017. PUBG Mobile, Apex Legends, dan Call of Duty Warzone juga adalah judul populer dalam genre Battle Royale.

Di luar esports, Fortnite — yang dikembangkan oleh Epic Games — adalah judul yang sangat populer dalam genre Battle Royale, terutama karena kolaborasi yang menghasilkan pendapatan besar dengan selebriti, bintang pop, dan perusahaan seperti Marvel dan Disney.

Mobile
Meskipun bukan Kategori Esport terpisah dalam esports, esports Mobile sering disebut bersama-sama di antara komunitas gaming kompetitif. Esports Mobile adalah judul-judul kompetitif di perangkat genggam, seperti ponsel dan tablet iOS dan Android.

Kemajuan teknologi yang baru-baru ini dilakukan pada perangkat Android dan iOS telah memungkinkan beberapa judul yang membutuhkan grafis intensif untuk berjalan di perangkat mobile. Mobile Legends Bang Bang! atau MLBB, dan Honor of Kings adalah dua contoh game MOBA esports yang sukses di perangkat genggam.

Esports Mobile memiliki beberapa varian handheld yang sukses dari judul esports populer. PUBG Mobile, Free Fire, dan Call of Duty Mobile adalah beberapa contoh game tembak yang populer yang telah masuk ke pasar esports mobile.

Simulator Olahraga
Genre Simulator Olahraga mengharuskan pemain untuk memainkan pertandingan yang terkait dengan olahraga tradisional seperti Sepak Bola, Basket, dan Hoki Es, antara lain. Game-game ini mensimulasikan judul olahraga secara virtual dan mengharuskan pemain untuk biasanya menggunakan pengontrol, tergantung pada permainan.

FIFA, judul simulator olahraga sepak bola, adalah salah satu simulator olahraga tertua dan paling sukses yang ada dalam genre ini. Permainan sepak bola tersebut kemudian diubah merek menjadi EA Sports FC setelah penerbit memutuskan hubungan dengan Federasi Sepak Bola.

Di sisi lain, NBA 2K adalah contoh lain dari judul simulator olahraga basket yang sangat sukses, dengan total hadiah sebesar £2,5 juta ($2 juta) yang dibagikan di semua turnamen NBA 2K pada tahun 2023. Judul olahraga pertarungan seperti UFC dan WWE2K adalah subgenre yang difokuskan pada permainan pertarungan dalam ekosistem simulator olahraga, namun, game-game tersebut belum memperoleh posisi yang mapan di esports.

Sim Racing
Sim Racing adalah subgenre dari simulasi olahraga, namun, secara luas dianggap sebagai Kategori Esport tersendiri. Hal ini sebagian besar karena melibatkan balapan mobil virtual dengan pesaing yang didorong untuk menggunakan peralatan khusus, seperti kemudi atau rig sim racing, dibandingkan dengan peralatan tradisional (mouse dan keyboard atau pengontrol), Gran Turismo, F1, dan iRacing adalah waralaba simulator balap esports yang terkenal di seluruh genre ini. Ekosistem esports Sim Racing juga cenderung menarik tim-tim balap, dengan tim-tim seperti McLaren, Red Bull, Alpine, dan Williams aktif dalam adegan esports ini.

Baca Juga : Pengaruh Esport Terhadap Kesehatan Mental
Sumber : Esports Insider

Related Posts

Team Liquid VCT Game Changers Bersama Visa

Spread the love

Spread the loveberitae-sports –  Team Liquid VCT Game Changers Bersama Visa Dalam dunia esports yang terus berkembang, kemitraan antara organisasi esports terkemuka dan merek besar. Tidak hanya menjadi langkah strategis untuk…

Manchester City Fortnite Creative The Ladder

Spread the love

Spread the loveberitae-sports –  Manchester City Fortnite Creative The Ladder Manchester City, salah satu klub sepakbola terkemuka di Inggris. Telah melangkah maju dalam dunia hiburan digital dengan meluncurkan peta tematik di Fortnite Creative.…

You Missed

Team Liquid VCT Game Changers Bersama Visa

Team Liquid VCT Game Changers Bersama Visa

Manchester City Fortnite Creative The Ladder

Manchester City Fortnite Creative The Ladder

Esports Leaders di ESI Lisbon 2024

Esports Leaders di ESI Lisbon 2024

Alpine Esports rebranding, bermitra dengan G2 Esports

Alpine Esports rebranding, bermitra dengan G2 Esports

Aurora Gaming MPL Filipina Mobile Legends Bang Bang (MLBB)

Aurora Gaming MPL Filipina Mobile Legends Bang Bang (MLBB)

Red Bull Gaming ( LOL )League of Legend Tournament

Red Bull Gaming ( LOL )League of Legend Tournament